Jumat, 13 Juni 2014

Membuat alat penyaring air dari paralon

Kebetulan saya tinggal di daerah yang airnya rada keruh, tetapi ga keruh keruh amat. Pada awalnya istri saya kalau mau masak air buat wedang panas pasti selalu menggunakan air galon, trus kalo nyuci baju pasti ntar kainnya apalagi yang putih jadi kekuning-kuningan.

Jadi ketika orang tua saya mampir kerumah ngomong gini, wo mbok buatkan saringan air. Setelah itu saya mulai mencari referensi, maka saya dapat ide untuk membuat saringan air dari paralon bekas, kebetulan dapat, ukurannya 2,5 inch. Mulailah saya bereksperimen.

Pertama, Paralon tadi saya potong menjadi berukuran + 1 m, lalu saya isi ijuk, kerikil dan pasir sampai penuh, perbandingannya dikira-kira saja. Saya coba untuk menyaring air, ternyata bisa namun dua hari kemudian mampet, air yang keluar terlalu kecil. Akhirnya saya bongkar lagi dan saya kepikiran menggunakan spon penyaring yang biasanya di gunakan untuk menyaring air di aquarium, dan pasir saya hilangkan, saya hanya menggunakan ijuk dan spon tersebut.

Singkat cerita saya coba dan hasilnya. MANTAB, air yang keluar makin hari makin bening dan tidak kecil-kecil amat. Finalnya saya telah membuat 3 tipe saringan air hasil permintaan dari kakak ipar saya dan mertua saya. Bagaimana bentuknya kawan-kawan bisa lihat pada gambar-gambar berikut:

Gambar 1
Ini yang saya punya saya taruk di dapur, 
jadi kalau mau air bening untuk masak tinggal putar stop krannya aja, Praktis.
Paralon sebelah kiri diisi ijuk sampe penuh dan kanan diisi spon penyaring aquarium setengah saja.



Gambar 2



Gambar 3




1 komentar: