Kamis, 12 Juni 2014

Mengatasi listrik yang anjlok akibat Tarikan TV

Kebetulan kakak Ipar saya baru membangun rumah, karena rumah kami berdekatan dan listrik dari PLN belum masuk maka untuk sementara kakak ipar saya menyambung listrik dari rumah saya. Selama 2 bulan tidak ada satu masalah apapun. Dan akhirnya masuklah listrik dengan sistem pembayaran Prabayar (PULSA). Senang lah memiliki listrik sendiri tidak numpang lagi, namun ketika akan menghidupkan TV, MCB atau breaker depan kok jatuh terus, padahal listriknya sudah 900 watt sama dengan listrik dirumah saya (tempat menyambung pertama). Aneh ya???

Lalu kami datangilah petugas yang memasang listrik tersebut dan dicek-cek, tidak ada masalah apa-apa, namun MCB tetap jatuh jika akan menghidupkan TV. Maka kami tanyakanlah, bisa gak MCBnya diganti, dia bilang gak bisa karna artinya sama dengan menambah daya?... saya sedikit curiga ada permainan PLN disini, katanya 900 watt, bisa jadi cuma 500 watt atau bahkan kurang. tetapi terserah lah, secara pembayaran kami tetap tidak dirugikan cuma masalahnya ya itu, kurang puas pake listrik.

Maka ingatlah saya, dulu ketika di Jogja juga pernah mengalami hal yang sama, waktu itu solusinya yaitu alat yang namanya Inverator (Slow Start). Maka kelilinglah saya ke setiap toko elektronik di Pangkalan Kerinci Riau mencari inverator tersebut. Hasilnya Nihil, bahkan banyak toko yang ga tau apa itu inverator. Waduh pikir saya, setelah berkeliling mampirlah kewarnet, tanya paman google bagaimana mengatasi hal tersebut, cari-cari yang gampang, ternyata nemu. yaitu serikan resistor 20 ohm 20 watt dengan TV tersebut.


Pertama saya buat sendiri resistor tersebut menggunakan kawat nikelin (berhambatan) yang ada pada solder gak terpakai lagi. Saya ambil resistansi kawat tersebut 20 ohm, saya masukkan kedalam paralon dan saya cor pake semen. Lihat Gambar 1.


Ternyata setelah selesai di cor nilai hambatannya berubah menjadi 25 ohm. kok bisa ya?? akhirnya saya coba juga. Eh.. ketika resistor dinamit itu diserikan dengan TV dihidupkan memang MCB ga jatuh, tetapi TVnya juga ga hidup, he he he... Percobaan I GAGAL.

Berikutnya Pergilah saya ke toko komponen elektronika, saya beli 2 buah resistor keramik 5,6 ohm 10 watt dan 6,8 ohm 15 watt satu buah, saya serikan dan selotip sehingga jadilah resistor 18 ohm 35 watt. Jadilah Seperti Gambar 2.

Saya serikan dengan TV, waw... mantap. TVnya nyala dan MCBnya gak njeglek lagi. Eksperimen Berhasil. hahaha...


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Ya itu gambarnya diatas mas Wahab Bashori, cuma di serikan saja resistor 20 ohm 20 wattnya.

      Hapus