Kamis, 16 Oktober 2014

Merancang dan Membuat Senjata Elektromagnet (Coil Gun)

Desa Bukit Harapan/Siak,

Pada hari ini, kamis 16 Oktober 2014. Selesailah sudah perancangan coil gun yang telah menarik perhatianku.

Dari segala pemikiran, perkiraan, perancangan, pembuatan serta hasil yang diperoleh dari pembuatan coil gun ini memang masih jauh dari standar kelayakan sebuah senjata. Bahkan maaf ngomong, tenaga magnit yang berhasil diubah ketenaga kinetik bisa dikatakan sangat kecil, bahkan tembak-tembakan anak-anak yang harganya dibawah Rp.50.000,- masih lebih kuat tenaganya dari pada coil gun yang saya buat ini yang sudah menghabiskan dana sekitar Rp. 600.000,-.

Ini tampang dari coil gun yang telah saya buat

 

Keterangan Gambar:
1. Yang merah diatas adalah laras yang memiliki hulu lontar dari spul/coil
2. Dibawahnya terdapat 3 Capasitor Electrolit 680 uF 400 Volt yang dihubungkan seri (untuk mempertinggi tegangan)
3. Dibelakang Capasitor terdapat 4 buah SCR Tipe 40TPS12A yang dihubungkan paralel, untuk datasheet bisa searching sendiri.
4. Disamping Capasitor seperti terlihat di gambar, yang ada LEDnya adalah indikator, penuh atau belumnya pengisian muatan pada Capasitor. Indikator terdiri dari 6 buah Zener 56 volt yang diserikan, LEd dan resistor sebagai pengatur arus masuk ke dioda zener (tanpa resistor maka dioda zener akan terbakar).
5. Dibelakang SCR terdapat dioda baut yang berguna untuk mengatasi arus balik dari spul. (arus diri kumparan) yang mana apabila tanpa dioda baut ini arus tersebut akan dapat merusak Capasitor, karena spul akan memberikan arus yang berlawanan dengan yang diterima kapasitor.
6. Rangkaian inverter, yang dapat menaikkan tegangan dari Battrai 12 volt menjadi 350 volt, untuk selanjutnya diserikan sehingga tegangan total adalah sekitar 1000 volt,

Gambar rangkaian inverternya,
  

7. Switch atau saklar, yang berfungsi untuk memutus atau menyambung arus, sehingga jadilah tembakan, 
8. Power, atau sumber listrik. Berupa batrai 12 VDC, 

Gambar coil gun saya dari sisi yang lain.




Seperti diataslah, kira-kira coil gun 1 saya yang telah saya buat, dan akan saya sempurnakan lagi. Kalo ada mas-mas, tuan-tuan atau mbak-mbak yang tertari, mau tanya-tanya atau apapun itu bisa kirim komentar. Sangat saya tunggu, komentar dari anda-anda sekalin.






12 komentar:

  1. Mas itu bisa melontarkn sampai brp jauh ya?
    Dan hitungan untuk koilnya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sory ya mas yudy suryanto. Baru balas.. Setelah saya melakukan eksperimen coil gun, ternyata keefektifitasan lontarannya sangat kecil. Makanya sampai sekarang coil gun tidak dapat dikembangkan sebagai senjata, masih lebih optimal menggunakan tenaga pegas, atau angin. Untuk lontaran coil gun saya ini paling hanya 5 m, nembak tangan aja ga sakit. untuk hitungan coilnya.. saya pake program coilmaestro. tetapi dari sekian banyak coil hasilnya tidak berbeda jauh. masih jauh dari kata layak sebagai senjata.

      Hapus
    2. pak maaaf lo d lihat d film iron man jga mengunakan tenaga yg spt bapak kembangkan dlm kumpulan muatan sehingga dapat mendorong lebih kuat

      Hapus
    3. Iya dalam film tetapi prakteknya, susah sekali untuk meningkatkan efisiensi coil gun.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bolehlah.. walau tidak layak disebut senjata tapi dengan belajar ini minimal ilmu elektronika saya bertambah.

      Hapus
  3. Kalo boleh tanya,,dengan sekali tembakan bisa terlontar sampai berapa meter itu proyektilnya mas bro..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya buat sudah berapa kali eksperimen, paling cuma lima meter (5 m) sehingga malas untuk mengembangkannya lebih lanjut. mendingan buat ketapel karet. murah keras lagi.

      Hapus
  4. Mas cara beli tempat kedudukan coil dimanaya...

    BalasHapus
  5. mas, coil gun itu proyektilnya logam biasa atau logam magnet? saya ada rencana mau ngembangin coil gun tetapi saya juga tertarik ngebangin railgun,, cuma saya masih penasaran dengan teorinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proyektilnya harus bahan ferro magnetik (yang bisa ditarik magnet) tidak harus memiliki sifat magnet, Cukup bisa ditarik magnet. Antara rail gun and coil gun untuk skala rendah masih memungkinkan coil gun tetapi skala besar ya bisa rail gun. Rail gun sulit sekali mengembangkannya. Kita harus mempersiapkan logam yang tidak terbakar jika dilalui arus listrik yang besar.

      Hapus